Jumat, 04 November 2011

Ingatlah dari mana kita diambil Tuhan - Petrus Agung

Minggu, 04 September 2011


Ingatlah dari mana kita diambil Tuhan

Khotbah Minggu Sore, 17.00wib,  04.09.2011
JKI Injil Kerajaan
Bpk. Petrus Agung Purnomo

Mengawali ibadah hari ini dengan berdoa: kerinduan kami menuntaskan semua sampai akhir, dan jangan sampai kami tidak menyelesaikan. bicaralah pada anak-anakMu dan tangkap hati  Tuhan dengan cinta gelora yg ajaib dan mengubah hidup kami tanpa terkecuali. permuliakan namaMu lewat kebenaranMu.

Pak Agung bercerita : bu Aning baru selesaikan tim mission trip TSOA ke gunung kidul. tahun ini ada terobosan tim TSOA.  dan pak Agung beri kesempatan buat bu aning bersaksi.

kesaksian bu Aning :
TSOA berangkat ke Gunung Kidul dan terdiri dari 120 siswa siswi, dikirim ke 14titik di seluruh gunung kidul wonogiri (perbatasan gunung kidul dngn wonogiri) apa yg ga mungkin jadi mungkin. masuk ke goa, sungai, kuburan, dipatok buat milik Kristus. ada satu daerah merupakan mata air yg sudah kering. dipatok, didoakan, ada lubang satu mengalir air baru. ada rumah singgah 15titik. bisa arak-arakan menduduki wonosari sekitarnya, gunung kidul dan sekitarnya, membagikan makanan, pasar murah, pelatihan menjahit, bikin jepit, masak. menjangkau ibu, anak muda, anak-anak. sakit bengkak tangannya, didoakan sembuh. orang ditabrak motor, semua lumpuh bengkak, ada mujizat dan bisa jalan, dukun bertobat, masuk rutan, bikin susu kedelai, masuk sekolah-sekolah.

pemutaran Klip TSOA ke gunung kidul : Pengutusan jam 6 pagi persiapan berangkat, 4ton sembako, pasar murah, pengobatan gratis medis dan tradisional.pelatihan ibu-ibu fisitasi, pijit refreksi, di rutan-pelatihan susu kedelai tapi ujungnya deklarasi dan mengenalkan Tuhan. pelayanan di sekolah-sekolah melalui seminar narkoba. babtis air. deklarasi di alun-alun, mahkota di tengah kota, deklarasi dengan pendeta-pendeta di sekitar gunung kidul, membangkitkan orang mati belum, tapi membangkitkan hewan yg sudah mati. kambing mati. "kamu kambing bangkit, bangun dan berjalan". Bu Aning promosi : TSOA buka 2012, bila ingin mengambil mina-mu, datang dan ikut TSOA karena inilah jawaban akan selesaikan panggilanmu.

Pak Agung  khotbah :
kami pernah hampir membangkitkan orang mati, dan saya kena akibatnya. teman kami ditabrak angkot, luka parah mati seketika.. waktu itu pak agung di amerika, lalu tim pembangkit kematian ini sembayang. yah kita ini orang-orang yg pernah coba semua, belum semua berhasil, tapi suatu hari berhasil. beberapa orang merasa dapet pernyataan TUhan, bisa bangkit. jenasah udah ditutup peti. kita bangkitkan.semua sepakat, jam 8mlm tuhan berkata bangkitkan dengan cara bukalah petinya, ga mungkin kan kalo orang udah dihidupin trus mati lagi gara-gara ga bisa nafas.. hihi.. lalu datanglah tim ini ke rumah duka di telogorjo jam 7.30mlm. mereka jadi gentar karena banyak orang. lalu mereka memutuskan untuk makan nasi gudeg simpagnlima dulu, nunggu orang2 yg layat pada pulang. tepat jam 8 peti mati goyang. tapi tim kebangkitan ini lagi makan nasi gudeg. nah di rumah duka lihat peti goyang, bubar semua. yang makan menikmati nasi gudeg. jam 9 mereka datang tapi sepi. peti dibuka baunya nyebar. smua orang di sekitar rumah duka hebohh..bau apa ini menyengat sekaliii... yg buka peti harus tahan baunya. mereka coba semua cara untuk bangkitkan orang mati, tubuhnya ditarik-tarik " dalam nama yesus bangkit." tidak bangkit. ditutup lagi. geger. pak agung pulang dari amerika diceritain, kaget. pak adi sutanto ketua sinode JKI datang ke semarang komentar pak adi bagus sekali : 1. tuhan pernah berkata bangkitkan orang mati 2. minimal kami pernah coba walau gagal 3. kamu ga pernah coba hanya ngomong aja. mendingan kami udah pernah coba.

report dari bu Suluh sudah kembali. tentang doain sungai mekong : teman UK dan US sangat bangga dan senang doa profetik di sungai mekong berdampak. mereka bergerak dalam hal profetik, doa efektif meski kendala bahasa tapi tetap luar biasa.

oktober ada mission trip malaysia tailand. november ke israel lakukan bagian kita.

buka firman sama2 di 1 raja-raja 19 : 1-18
sblm baca pasal 19, baca pasal 18. elia berdoa hujan turun di israel. elia mengalami 3 mujizat besar tapi pada hari yg sama dia mengalamii ketakutan luar biasa karena isebel menggertak.

ada 2 hal yg ingin dibagikan oleh pak agung :
1.kecewa dengan Tuhan
sering ada pertanyaan yg ga gampang dijawab. elia baru ngalami kemenangan yg sangat luar biasa. berdoa, mendatangkan api dari langit, menyembelih nabi2 baal. doa sungguh2 dan tuhan jawab dngn hujan lebat. tapi kenapa ada ratu isebel mengancam.. dia takut dan kemenangan besar itu jadi hilang dan ga ada bekasnya. pak agung bilang bahwa wanita itu bisa mengerikan tapi bisa juga dahsyat. contohni ada istilah nenek sihir, ga ada istilah kakek sihir, ada si manis jembatan ancol, tapi ga ada si ganteng kreteg mberok (hahahaha.... ngeriiii.....) ada hawa nafsu tapi ga ada adam nafsu. kenapa setelah kemenangan besar mendadak berubah seakan iman runtuh dalam sekejab dan ia lari menyelamatkan dirinya. padahal dia berani menghadapai banyak nabi baal sendiriann... sebenarnya elia ini kecewa dengan Tuhan. Tuhan jwb dengan api supaya hati mereka tobat... supaya umatmu ini bertobatt.. memang betul mereka teriak Tuhanlah Allah, tapi di israel ga ada pembalikan keadaan. bahkan ahab dan isebel ga tersentuh dan buat elia, dia berkata aku sudah pertaruhkan semuanya kenapa engkau tidak tuntaskan.. selama ini aku sudah berjasa.. aku sudah bekerja segiat2nya buat Engkau dan tidak ada satupun orang di israel yang bertahan dan hanya sisa aku.. begitu kita merasa ikut berjasa, punya andil akan apa yg kita kerjakan buat Tuhan, kita merasa kita bisa menuntut Tuhan.. Elia tanpa sadar menuntut Tuhan dan menyalahkan semua orang Israel .. semua meninggalkan Engkau dan tinggal akuuu.. dan masuklah ke masalah ke2
2. merasa bahwa kita punya andil menolong Tuhan
aku ga puas bagaimana tuhan menghandle semuanya.. aku berkorban banyak.. dan ga ada hasilnya.. kita mulai menuntut orang lain untuk mempertanggung jwbkan.. ada angin, ada api tapi tuhan ga ada.. setelah ada angin sepoi2 baru Tuhan ada. engkau boleh sangat berjasa, tapi jangan pernah dikte Aku (Tuhan) dan seleraKu (Tuhan).... Aku (Tuhan) buktikan dengan angin sepoi2.. hari ini Aku (Tuhan) mau muncul seperti bunyi angin sepoi2. kalau Aku (Tuhan) mau lakukan, semua terserah Aku (Tuhan) jangan pernah lupa siapa Tuhannya dan siapa ciptaanNya!!... Elia merasa : lihat aku dah buat semuanya. mana hasilnya.. Elia tuntut Tuhan, dan orang lain agar terjadi seperti yg dia mau... di hari dimana kita lupa,... di hari kita lupa di mana kita diambil... hari itu kita akan mulai menuntut orang lain, dan menuntut Tuhan dan marah ketika ego kita tidak terpuaskan.. banyak orang digerogoti kepahitan dan hidup jadi pecundang. TUhan bisa kerja dengan cara apapun yg Ia mau. dan tidak seperti yg kita pikir akan Ia lakukan.
bersyukur  karena di indonesia ada banyak guru yg cerita dengan dongeng. Yesus pun mengajar dengan perumpamaan. contoh gurunya pak Agung dulu cerita : ada monyet sombong bergelantungan,  merasa ia monyet yg ga mungkin jatuh dari pohon. maka terdengarlah suara itu oleh awan, matahari dan angin (maklum..kan dongeng.. apapun bisa jadii ..kan dongengg..). lalu awan matahari dan api berkata mari kita jatuhkan monyet ini. mereka berkata sepakat. matahari keluarkan panasnya teriik sekali... tapi monyet ini hebat diberi panas tetep selamat (maklum..kan dongennngg..hihi...) .. awan berkata.. berubah jadi awan gelap... ada petir, temannya monyet ini semua kaget dan jatuh tp monyet sombong ini selamat..bilang..halah.. kan wajar tho petir gitu.. masa kagett...(karena dongeng..ga boleh protes..hihi..)...  angin berkata bagianku.. ditiup dengan keras banyak yg jatuh... angin menyerah monyet ga jatuh.lalu angin awan dan matahari berkata kita harus ganti strategi :  matahari sembunyi di belakang awan (lho kok bisa gitu??maklumm kan dongenggg..hahaha..).. cuaca mendung, gerimis kecil.. dingin.. wah sudah teduh angin bertiup sepoi-sepoiii dan orang berkata enak ini buat tidur...monyet bilang ini angin bertiup di mata enak seperti ditiup bidadari.. (hahaha.... karena cuma dongeng..) dan tiba-2 angin bertiup kencang dan ia jatuhhhh.. taukah Tuhan bisa meniup monyet2 yg ada di dalam hidup kita sekali tiup..
Elia  mungkin pikir...
angin pecahkan gunung batu, Ia akan lakukan
petir sambar isebel terpanggang ahab gosong
kenapa sebaliknya aku yg diancam
mujizat besar tapi kemudian semua runtuh.
kenapa? karena Elia merasa ia punya andil.. ketahuilah apa yg sudah anda lakukan, itu semua adalah anugerah dan bukan karena kemampuan kita. bukan karena kita hebat dan Tuhan butuh jasa kita. tapi karena Tuhan ingin memberi kehormatan kepada kita agar kita ambil kehormatan itu dan andil dalam menuntaskan apa yg Tuhan inginkan dalam hidup kita...

semoga kita diberi anugerah untuk mengerti bahwa itu karena anugerah Tuhan
kecewa, pahit, frustasi, ujungnya ga salahkan manusia tapi salahkan Tuhan

perenungan ke 2:
2x ditanya elia apa kerjamu di sini hai elia? tetep elia ga ngerti, karena ia dibutakan oleh kepahitan hatinya.  pak agung cerita kemarin liburan di australia sambil pelayanan.
lihat di jendela ada taman luas sekali. bbrp orang australi berjemur, piknik, sepedaan, joging. ia ingat ia pernah melihat situasi seperti ini pada tahun 83, waktu itu beliau ikut konfrensi penginjilan dunia billy graham di amsterdam, dari hotel pakai train jalan lewati taman gede. tiap pagi dan sore jalan lewat taman ke hotel. selalu ada orang belanda yg berjemur. pakaian mereka karena masih summer mereka pakai pakaian jaman purba kleleran beginii.. hihi.. itu berarti 28tahun yg lalu. waktu itu ia ke holand pertama kalinya dan itu 28tahun yg lalu. lahir baru tahun 79. 32tahun yg lalu saya jalan ikut tuhan yesus. saya sudah habiskan 32tahun denganTtuhan. tiba2 sadar, 32tahun sejak bertobat, tidak ada satu haripun yg bisa saya tarik balik. tahun depan setengah abad umurnya pak agung. what am i doing here?? lalu beliau buka tangan pak agung, bayangkan.. apa yg kukerjakan.. yg dilakukan di sini apa?? bayangkan holi, lenyap, gedung skolah 3000 murid.. lenyap. bangsa2 negara yg pernah ia kunjungi untuk wartakan injil Tuhan.. ga bisa.. dan tiba2 yg muncul adalah masih berapa banyak orang semarang yg belum pernah dengar injil, berapa bnyk orang indonesia blm dengar yesus. berapa bnyk yg belum dengar Yesus yg harusnya dengar dan kalau Tuhan belum datang, berapa lama lagi Tuhan beri kesempatan untuk genapkan destiny.. apa yg telah  kulakukan 32 tahun.ini??.. betapa konyol kalau saya berkata 32 tahun aku punya rumah mobil duitku sekian, fasilitas yg kunikmatiii... kalau cuma itu yg kita laporkan ke Tuhan... selama ini apa yg kubangun, kupersembahkan buat Tuhan selama ini. sekian tahun yg kita lewati ga bisa kita tarik balik.. dan pertanyaannya adalah apa kerjamu di sini..???  kepahitan Elia tetap sama.. membutakan hatinya akan mengerti hati TUhann... 2x ditanya Tuhan.. tetep dia ga bisa lihat kebaikan Tuhan. Tuhan beri pak agung umur hampir 50tahun. bill wilson berkata di usia 50 orang akan cari persahabatan. besok di ulangtahunnya yg ke 50, pak agung  tidak akan rayakan, merupakan perenungan buat pak agung. apa dengan yg tuhan berikan, kau sudah capai destinymu..pak agung berdoa biar lahir orang2 yg cinta tuhan... mari ingat kebaikannya ingat dari mana kita diambil. jangan ingat jasamu buat Tuhan.. itu pekerjaan Tuhan.. ingat satu aja... selesaikan tugas kita

pak agung cerita, ia memiliki latar belakang minderan. dulu selalu ikut orangtuanya ke greja GIA Pringgading. gembalanya om sul yat. ikut papa ke GIA Pringgading. bukan karena cinta Tuhan, tapi karena merasa jadi rang kristen ya musti ke greja.  kebaktian jam 6 pagi. emak dan engkong jam 5 pagi ke greja. jam 6 pagi penuh isi 500 orang. duduk sama papi di grja bukunya nafiri sion. saya kagum dngn om sulyat. sampai kapanpun aku ga akan bisa seperti dia. dia berani bicara di dpn ratusan orang, (skarang pak agung minder kalo berbicara dengan sedikit orang, karena terbiasa bicara dengan banyak orang.. haha..) beliau maju dan berkhotbah satu persatu mulai tertidur. ngorok. dari mimbar yg tinggi dia (om sul yat)  lihat orang itu tertidur. dan ia tetap khotbah. wuih nyalinya besar juga..dia tetap khotbah, belakangan pak agung sadar... kalau itu ternyata karena ga ada pilihan.. wah.. hebat om sulyat bisa terus lanjutin khotbahnya.. .. isi khotbahnya ga ngerti tapi pak agung terus ke greja karena harus. ga mungkin lah aku seperti dia (om sul yat). sekolah biasa2 aja. bukan orang yg hebat di skolah. tapi saya masuk di skolah terbaik. saya ingat dari mana saya diambil. dicintai orang tua. semua kesanggupan dan kemampuan itu karena anugerah TUhan. kebodohan yg saya lakukan itu karena kemampuan saya. tapi kehebatan saya itu karena Tuhan. pak agung ikut psikotest. dia kagum akan hasil psikotest itu karena hasil psiko test itu seperti nabi tuhan. 99% bener kecuali yg bilang bahwa pak agung itu pelupa. test psiko itu menunjukkan pak agung bukan seorang risk taker. itu bukan bpk. pak agung cerita gimana gereja dibangun dll, lalu penguji psikotest itu mengatakan secara kejiwaan anda memiliki kepribadian ganda.. betul pak agung punya kepribadian ganda...tapi yg satu namanya bukan petrus agung tapi Holy spirit. yg secara daging saya ga bisa, tapi TUhan yg kerjakan semuanya. saya cuma sarung tangan yg Dia gerakkan... hidup kita sama.andapun bisa.. asal ingat dari mana kita diambil.... tanpa pernah klaim kita berjasa....

untuk menjadi orang yg tau diri, itu pun anugerah... ada seorang yang pak agung kenal, ia dimulai dari tempat yg hina dan terpuruk. sekian tahun berlalu tuhan berkati dngn luar biasa.. tapi karena satu orang menghina dia. dia begitu marah dan tidak mau mengampuni dan kepahitan. ketika kami lahir baru selesai SMA, semua pemimpin anak muda semua kuliah belajar di luar negeri. pak agung ditawari sekolah di australia. kurang 2minggu pendeta yg mau biayai, tuhan bilang jangan keluar dari semarang. pak agung bilang aku ingin melayani Engkau Tuhan.. iya Agung, engkau akan melayani Aku. kalau engkau taat, engkau akan melayanii Aku.. bersyukur pak agung tetap tinggal di kota semarang.. sempat pak agung kecewa dengan keputusanMu, hari ini Engkau pilih yg terbaik untuk hidupku. yg baik hanya TUhan.. jngn pandang dirimu yg sempurna.. jangan tuduh orang lain yg menghancurkan hidup kita. hidup memang naik turun, itu resikonya, tapi tetaplah setia, kalau kita bisa naik itu karena sayap anugerahNya.

pak Agung pernah cerita ia ketemu profesor yg pernah mati 15 menit. Tuhan bilang ke profesor katolik itu : pulang jadi rasulKu di bidang pertanian. suatu ketika bangsamu akan memberi makan bangsa2. 1-2minggu lagi pak agung akan bertemu pfofesior ini. anehnya lagi ada orang israel mau kerja sama.. prediksi ada bencana kelaparan karena perubahan iklim. dan mereka buat risert ada teman nonton discovery channel, daratan bergerak melihat alur geraknya entah sampai kapan.. suatu hari kelak geraknya ngumpul di sekitar indonesia. suatu hari kepulauan ini akan menjadi sentralnya dunia. mentri israel ini meneliti jawaban kelaparan dunia ini adalah indonesia. hanya indonesia yg punya kesuburan, kekayaannya indonesia punya.. mentri israel ini tawarkan teknologinya dan akan ajarkan caranya.. kita punya ketulusan, tangkap ini visi. sedang ada akselerasi... seminggu ini, senin-kamis  papa darrel datang, ia cerita Tuhan akan hadir lagi.. Tuhan bilang darrel ibadahmu di semarang nanti akan sangat penting. tuhan peri urapan percepatan yg luar biasa... setengah 7 ibadahnya,  datang dengan anggur baru, nikmati..serap..urapan percepatan.. jumat di gereja permata untuk para waria. sabtu minggu di holi lagi.


source :http://airkehidupansejati.blogspot.com/2011/09/ingatlah-dari-mana-kita-diambil-tuhan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar